BELUT GORENG BUMBU KAMPUNG | Alim Mustofa
Cari Berita

Advertisement

BELUT GORENG BUMBU KAMPUNG

Kamis, 25 April 2019



Alimmustofa.com - Banyak aneka lalapan yang cukup menarik minat para pecinta kuliner, ayam geprek, bebek bakar, kakap bakar, bebek goreng dan aneka lalapan lannya menjadi menu yang lezat hidangan yang menarik untuk disantap.
Beberapa menu lalapan diatas tentu sudah pernah atau bahkan sering menjadi menu favorit, tetapi satu menu yang mungkin perlu dicoba sebagai menu tambahan atau bahkan menjadi menu special nantinya.

Pernahkan para pecinta kuliner menikmati lalapan aneka belut, ya … aneka sajian menu belut telah banyak yang ditawarkan oleh pedagang makanan. Banyak warung yang lalapan yang menawarkan lalapan belut sebagai menu utama untuk menarik para kuliner (foodies).

Tetapi menurut penulis semua lalapan belut yang disajikan oleh pendagang adalah belut yang digoreng menggunakan tepung. Baik tepung buatan sendiri maupun tepung crispy. Belut goreng crispy tentu berasa gurih berasal dari tepungnya, rasa belutnya sendiri akan tereduksi kalah dengan rasa dalam tepung crispy tersebut.

Nah kali ini A-Liem Tan akan berbagi resep belut goreng bumbu kampung, bumbu ini udah menjadi kebiasaan warga kampung dalam mengolah belut hasil memancing atau beli dipasar.

Resep yang A-Liem Tan bagikan tentu tidak menggunakan tepug sebagai campuran bumbu. Untuk memperoleh rasa gurihnya original belut goreng, anda perlu menyiapkan bahan sebagai berikut:

Bahan:
1.   1 kilo gram belut, bersihkan, potong dengan ukuran sesuai kebutuhan.
2.   Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng.
Bumbu :
1.   10 siung bawang putih.
2.   Garam secukupnya.
3.   Kunyit seukuran 2 ruas jari.
4.   3 sendok teh biji ketumbar.

CARA MEMASAK :

Bersihkan belut memakai pisau kecil untuk membersikan isi perutnya, setelah semua belut dibersihkan masukan kedalam kaleng berisi air dan campurkan daun jambu untuk mengurangi lendir dan bau amis belut.
Berikutnya pipihkan belut dengan cara ditumpuk seluruh bagian dengan menggunakan telenan dan uleg-uleg. Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh rasa gurih yang khas, sebab daging bekut yang dipipihkan akan menyerap bumbu sampai merata.

Siapkan bumbu diatas, bawang putih, garam secukupnya, kunyi 2 ruas jari, 3 sendok biji ketumbar. Jangan lupa untuk mencuci bumbu tersebut sebelum dihaluskan.

Haluskan bumbu tersebut dengan cara di uleg di cobek ( sebisa mungkin tidak menggunakan blender) sampai halus. Masukan bumbu kedalam mangkuk, campurkan air 100 mililiter atau secukupnya. Aduk sampai merata, kemudian masukan belut yang telah dibersihkan, aduk sampai rata dengan bumbu dan diamkan selama 30 menit agar bumbu merasuk.
Selanjutnya siapkan penggorengan (wajan) di kompor,
-      tuangkan minyak goreng secukupnya,
-      nyalakan kompor dengan api sedang, hal ini untuk memperoleh kekeringan belut.
-      Jika minyak udah mendidih, masukan belut
-      Goreng belut sampai matang dengan kekeringan sesuai selera.
Setalah matang, belut goreng siap disajikan atau disantap sebagai teman sepiring nasi putih , tanpa sambal pun belut goreng ini sangat nikmat dan gurih.
Anda juga dapat menambahnya dengan sambal sebagai pelengkap menu pagi, siang atau sore dirumah. Nah selamat mencoba resep belut goreng ini. By A-Liem Tan.