OUTBOND ALA BAWALSU JAWA TIMUR | Alim Mustofa

Breaking

Senin, 27 Agustus 2018

OUTBOND ALA BAWALSU JAWA TIMUR


AlimMustofa.com - Selepas beratnya tugas pengawasan pasca pelaksanaan pilkada serentak tahun 2018, Bawaslu Jawa Timur laksanakan rapat koordinasi persiapan pengawasan pemilu tahun 2019 di Kabupaten Banyuwangi.( 27/8/2018)

Tidak seperti biasanya, rapat kooridnasi yang mengundang anggota Bawaslu divisi pengawasan dan divisi penindakan pelanggaran kabupaten/kota se-jawa timur ini, dikemas dengan selingan outbond hotel ILLIRA Banyuwangi.

Ditepian pantai dengan udara yang segar pagi ini, semua peserta rapat koordinasi mengikuti kegiatan outbond yang dipandu instruktur dari pihak hotel. Gelak tawa dan senda gurau peserta mewarnai wajah mereka yang tampak gembira mengikuti sesi outbond tersebut. Berbaris membentuk satu kelompok menjadi tugas pertama yang diintruksikan oleh instruktur saat memulai kegiatan outbond. Selain membentuk kelompok peserta juga diminta memilih nama kelompok dengan inisial hewan yang disukai serta membuat yel-yel kelompok yang mencirikan semangat dan kekompakan tim.

Ayam alas, ayam jago, bebek, kerbau, sapi dan buaya itulah nama yang dipilih dalam sesi pembentukan kelompok tersebut. Adu yel-yel adalah moment yang paling menyenangkan memasuki sesi pertama permainan dalam sesi ini.

Ayam alas nama kelompok kami pilih, dikomandoi mbak sasa Staf Bawaslu Jawa Timur serasa kompak ketika kami harus menyanyikan yel-yel ayam alas dengan lirik dan nada yang digubah dari lagu cucak rowo.

Gelak tawa dan joke-joke segar keluar dari mulut peserta ketika tim instruktur memulai game perintah pak bos, dimana peserta harus melakukan perintah pak bos tanpa kesalahan. Semua perintah diawali dengan kalimat perintak pak bos ... Bla bla bla, nah ketika kedapatan peserta yang keliru dalam menjalankan perintah maka konsekuensinya adalah hukuman dari instruktur.

Gaya lucu mereka tampilkan saat melaksanakan hukuman dengan bernyanyi dan berjoget bak artis diringi tawa dari peserta lainnya. Waaah ... Sungguh saat yang menyenangkan hari ini, semua tampak gembira, tidak ada perbedaan antara anggota yang lama dengan anggota yang baru.

Berikutnya, instruktur memulai dengan game pertama yaitu roller ( buldozer), adalah permainan yang mengandalkan kekompakan tim dan kekuatan komando dari leader. Alat yang dipakai berbahan dari spanduk yang dibentuk seperti roda rantai tank, yang mana seluruh kelompok harus masuk dalam rantai tersebut, kemudian berjalan serempak menuju rute yang telah ditentukan. Kehatian-hatian dan kecermatan dalam mengatur strategi menjadi hal yang paling menentukan dalam game ini.

Beberapa permainan kami lewati dengan riang gembira melepas pagi hari sampai pukul 10 pagi, sampai pada sesi terkahir permainan yaitu game long island. Sebuah permainan yang menuntut peserta harus jeli menggunakan potensi yang ada dalam alat yang melekat pada tubuh peserta. Target dari permainan ini adalah seberapa panjang rangkaian peranti yang hasilkan masing-masing kelompok. Media yang dipakai adalah alat atau bahan yang melekat pada tubuh peserta saat itu, antara lain koas, slayer, tali sepatu dll.

Game terakhir ini dimenangkan oleh kelompok ayam alas, yang berhasil mengungguli 6 kelompok lainnya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menguji kejelian peserta dalam menggerakna potensi yang ada dalam diri kita untuk melakukan tugas, selain juga seberapa jauh anggota mau berkorban untuk kepentingan tim atau kepentingan tugas.(A-Liem Tan)

Editor : A-Liem Tan
Publiser : AanMH7
Download Kumpulan PKPU RI Tahun 2018
Download Kumpulan PERBAWASLU RI Tahun 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar