BAWASLU JATIM Raih Penghargaan Pengembangan Pengawasan Partisipasi Terbaik | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

BAWASLU JATIM Raih Penghargaan Pengembangan Pengawasan Partisipasi Terbaik

Kamis, 16 Agustus 2018


AlimMustofa.com - Moment bersejarah pelantikan Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten/Kota seluruh Indonesia oleh BAWASLU Republik Indonesia, ditutup dengan gelaran BAWASLU Award sebagai ajang penobatan kinerja BAWASLU Provinsi dan PANWASLU Kabupaten/kota terbaik untuk semua kategori. (5/8/2018).

BAWASLU Award adalah digagas sebagai wujud apresiasi Badan Pengawas Pemilu kepada jajaran di bawahnya, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota atas kinerjanya dalam melakukan pengawasan di sepanjang tahapan pemilihan kepala daerah (PILKADA) serantak 2018.

Mengingat BAWASLU Provinsi dan Kabupaten/Kota beserta jajaran di bawahnya sudah bekerja keras untuk mensukseskan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018.

Atas kinerja inilah kemudian menjadi basis performa jajaran BAWASLU di daerah, baik di provinsi, kabupaten/kota. Performa kinerja ini perlu diberikan apresiasi sebagai penghormatan atas apa yang sudah dilakukan BAWASLU dan jajarannya di bawah, terutama sepanjang pemilihan kepala daerah 2018.

Beberapa kategori penghargaan yang diberikan dalam BAWASLU Award tersebut adalah kategori Sosialisasi dan Pengembangan Pengawasan Partisipasi terbaik, pengawasan tahapan terbaik, penyelesaian sengketa terbaik, penanganan pelanggaran terbaik dan pemberian keterangan di Mahkamah Konstitusi terbaik serta PANWASCAM dan PPL terbaik.

Untuk kategori Sosialisasi Dan Pengembangan Pengawasan Partisipatif  BAWASLU JATIM (Jawa Timur) bersaing dengan 34 BAWASLU Provinsi seluruh Indonesia, hingga terpilih tiga nominator untuk bersaing memperebutkan satu tiket trofi BAWASLU Award kategori terbaik.

Dari hasil penilaian panitia akhirnya BAWASLU Jawa Timur dinobatkan sebagai BAWASLU Provinsi terbaik untuk kategori Sosialisasi Dan Pengembangan Pengawasan Partisipatif menyirkirkan dua provinsi pesaingnya.

Aang Kunaefi, SH.MH Koordinator pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jawa Timur mengatakan.

Award dengan kategori Bawaslu provinsi terbaik dalam Sosialisasi dan Pengembangan Pengawasan Partisipatif merupakan apresiasi luar biasa dan tantangan ke depan untuk capaian lebih baik guna kemajuan demokrasi di Provinsi Jawa Timur dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilihan selanjutnya.

“Award ini diberikan bukan hanya untuk kami yang ada di provinsi, namun untuk seluruh keluarga besar pengawas pemilu yang ada di Jawa Timur,” tegas Aang.

BAWASLU Jawa Timur memiliki progran Santri Mengawasi yang diharapkan mampu menjadi inspirasi semua jajaran pengawas untuk melakukan kerja sama dengan komponen masyarakat.

Melalui program santri mengawasi, Jawa Timur yang memiliki ribuan pesantren dapat melibatkan ribuan santri untuk berpartisipasi dalam pengawasan pemilu.

Selain program santri mengawasi, BAWASLU JATIM juga berhasil melakukan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) penyepakatan kerja sama dalam hal pengawasan partisipatif dan penelitian serta pendidikan kepengawasan.

Beberapa kerjasama juga akan dilakukan dengan beberapa kelompok atau organisasi masyarakat lainnya seperti  Pramuka, kelompok budaya juga akan gandeng sebagai mitra BAWASLU JATIM.

Editor : A-Liem Tan
Publiser : AanMH7