PANWASLU Kota Malang BIMTEK 1400 Pengawas TPS | Alim Mustofa

Breaking

Kamis, 07 Juni 2018

PANWASLU Kota Malang BIMTEK 1400 Pengawas TPS

AlimMustofa.com - Panwaslu Kota Malang laksanakan bimbingan Tehnis Pengawasan pemungutan dan penghituangan suara pilkada serentak tahun 2018, bimibingan tehnis ini diberikan sebagai pembekalan bagi Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam), Panitia Pengawas Lapangan (PPL) dan Pengawas TPS. (7/6/2018).
Sebanyak 1.400 Pengawas TPS dalam bimtek ini akan dilatih dengan beberapa materi mengenai tatacara pemungutan suara, strategi dan tehnis pengawasan pemungutan suara, pengawasan logistik pungut hitung, identifikasi potensi pelanggaran pungut hitung dan pengenalan alat kerja pengawasan.

Menurut Alim Mustofa Ketua Panwaslu Kota Malang, “ Panwascam, PPL dan PTPS akan diberikan pembekalan materi yang telah disusun oleh Bawaslu RI, materi tersebut telah diberikan saat rakornas pengawasan pungut hitung di Jakarta beberapa hari yang lalu”. Jajaran pengawas sampai tingkatan pengawas TPS wajib mempunyai pengetahuan tentang tatacara pungut hitung, mempunyai pemahaman yang cukup akan peraturan kepemiluan terutama untuk bekal pengawasan di tingkatan TPS, juga mampu mengidentifikasi potensi kerawanan di TPS. Ungkap Alim alumni sekolah demokrasi ini.

Secara tehnis bimtek ini akan dibagi dalam 5 tahap berdasarkan wilayah kecamatan, setiap kecamatan akan dilaksanakan selama satu hari penuh mulai pukul 09.30 wib sampai dengan menjelang berbuka puasa.
Download Kumpulan PKPU RI Tahun 2018
Download Kumpulan PERBAWASLU RI Tahun 2017
Seperti hari ini adalah jadwal bimtek pengawasan kecamatan Sukun yang di ikuti oleh 3 orang panwascam, 12 PPL dan 323 Pengawas TPS. Materi yang disampaikan sesuai dengan materi tingkatan masing-masing. Panwascam dan PPL ditempatkan dalam ruang tersendiri untuk menerima materi : Tatacara pungut hitung, Identifikasi TPS rawan, Pengenalan Aplikasi Sislopilkada 2018, aplikasi Vtal (aplikasi data pemilih), pengenalan alat kerja pengawasan.

Sedangkan untuk materi pengawas TPS lebih dikonasentrasikan pada materi tugas, pokok dan fungsi Pengawas TPS, Materi Pengawasan Pungut Hitung dan pengenalan alat kerja pengawasan PTPS.

Pelaksanaan bimbingan tehnis pengawas TPS ini akan berlangsung selama 5 hari dimulai hari selasa 5 Juni sampai dengan sabtu 9 Juni 2018. (A-Liem Tan)
Download Kumpulan PKPU RI Tahun 2018
Download Kumpulan PERBAWASLU RI Tahun 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar