Pesan Mahasiswa Untuk PANWASLU | Alim Mustofa

Breaking

Minggu, 13 Mei 2018

Pesan Mahasiswa Untuk PANWASLU

 
AlimMustofa.com - Sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang dilaksanakan oleh Panwaslu Kota Malang sabtu,12/5/2018 kemarin cukup berkesan bagi peserta dari kalangan mahasiswa. Hal ini dapat dlihat semangat dan antusias dari peserta sosialisasi FGD membahas isu- isu pemilu.

Naufal Ardiansyah Presiden Mahasiswa UIN Malang, memaparkan “Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif oleh Panwaslu Kota Malang ini tentu penting dilaksanakan. Artinya, unsur mahasiswa mewakili dari perguruan tinggi merasa perlu dilibatkan dalam merumuskan sebuah konsep pencegahan bersama untuk pilkada dan pemilu. Kegiatan menarik, asyik, joyful dan bermakna”.

Masih menurut Naufal “Poin paling penting, menurut saya, follow up dari agenda ini setelah pemberian materi dari Ketua Bawaslu Jatim dan Rektor UNISMA. Langkah itu (follow up), dilakukan secara maksimal oleh penyelenggara. Semoga bisa berkelanjutan (kontinu)”.

“Lebih dari itu, kami berharap dari acara ini, diadakan pendampingan secara intensif di luar ruangan, baik teori maupun praktek lapangan (study kasus). Focus Group Discussion (FGD) lintas perguruan tinggi perlu ditingkatkan intensitas pertemuan dan sharing konsep untuk merumuskan strategi penjegahan yang massif dari semua unsur termasuk mahasiswa” ungkap naufl.

Tidak salah jika seluruh perserta berharap forum semacam ini agar ada tindak lanjut dalam kegaiatan kerjasama yang lebih intens. Bahkan menurut Rektor Unisma Prof.Dr.Maskuri Bakir,M.Si ,” Unisma sangat menyambut baik inisiatif Panwaslu Kota Malang dalam melibatkan perguruan tinggi dalam pengawasan pemilu, sebab hal ini merupakan moment yang tepat untuk mahasiswa mengenal pemilu sebelum nantinya terjun ke dalam politik praktis”.

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif dengan menghadirkan 125 peserta dari 6 perguruan tinggi ini, dibuka dengan materi pengawasan Partisipatif masyarakat oleh Ketua Bawaslu Jawa Timur  Moh. Amin ,M.Pdi dilanjutkan dengan penandatangan MOU antara Bawaslu Jawa Timur dengan Rektor Unisma Prof.Dr.Maskuri Bakri,M.Si.

Kedua belah pihak bersepakat melaksanakan kerjasama dalam hal pendidikan pemilu, penelitian, pembentukan relawan pengawasan, magang mahasiswa, ditandai dengan membubuhkan tanda tangan kedua belah pihak di lembar MOU dihadapan peserta sosialisasi.

Selanjutnya rektor Unisma memberikan materi dengan tema peran perguruan tinggi dalam pengawasan partisipatif pemilu. (A-Liem Tan)  
Download Kumpulan PKPU RI Tahun 2018
Download Kumpulan PERBAWASLU RI Tahun 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar