Bawaslu Jatim Tanda Tangani MOU dengan Perguruan Tinggi Di Malang | Alim Mustofa -->
Cari Berita

Advertisement

Bawaslu Jatim Tanda Tangani MOU dengan Perguruan Tinggi Di Malang

Sabtu, 12 Mei 2018

AlimMustofa.com - Pengawasan pemilu tidak saja menjadi tugas Badan Pengawas Pemilu, tetapi jauh lebih penting  adalah peran masyarakat dalam turut serta melakukan pengawasan dalam proses penyelenggaraan pemilu. Perguruan tinggi menjadi salah bagian dari masyarakat yang mempunyai peran penting dalam berkontribusi mengawal proses penyelenggaraan pilkada serentak 2018 maupaun pemilu 2019.(12/5/2018)

Kota Malang adalah kota pelajar, dimana banyak  perguruan tinggi berdiri dikota dingin ini tempat mahasiswa menuntut ilmu. Ada sekitar 60 ribuan mahasiswa setiap tahunnya  bermukim Malang yang mempunyai hak pilih dalam pemilu tahun 2019. Potensi inilah yang menjadi landasan Bawaslu Jawa Timur mendorong perguruan tinggi untuk ikut berpartisipasi dalam mengawal pemilu.

Hadir dalam penandatanganan Nota kesepahaman atau MOU antara Bawaslu Jawa Timur dengan Univeristas Islam Malang, Ketua Bawaslu Jawa Timur Moh.Amin,M.Pdi dan  Rektor Unisma Prof. Dr.H.Maskuri Bakri,M.Si.

Ruang lingkup Kerjasama yang dituangkan dalam MOU tersebut meliputi  Kesepakatan Bersama ini mencakup Tridharma Perguruan Tinggi, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarkat' antara lain ;Penyelenggaraan Pelaksanaan Mahasiswa/i Magang, KKN, Lokasi Penelitian, Penyelenggaraan Relawan dari mahasiswa/l UIN, Penyelenggaraan kegiatan Ilmiah, Kajian Ilmiah, Seminar dan Lokakarya, Peningkakatan dan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia, dan, Info Karir / Kesempatan Kerja.

Pelibatan perguruan tinggi dalam pengawasan pemilu menjadi agenda Bawaslu RI untuk melibatkan seluas-luasnya peran serta masyarakat. Salah satunya adalah menggandeng perguruan tinggi dalam pengawasan pilkada serentak 2018 dan pemilu 2019.

Dalam kesempatan ini, rektor Unisma juga memberikan materi dengan tema “Peran Serta Perguruan Tinggi Dalam Pengawasan Pemilu  “ dihadapan puluhan mahasiswa dari 5 perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta di Malang. (A-Lem Tan)